Wajib Tahu! Hindari Melakukan Hal Ini Jika Ingin Karpet Tetap Awet dan Bagus

Karpet Tetap Awet dan Bagus

Ketika mengunjungi sebuah toko karpet banyak orang berpikir bahwa untuk memiliki sebuah karpet memerlukan biaya perawatan yang selangit. Padahal tidak demikian, mahal tidaknya perawatan tergantung pada jenis material dan ketebalan permukaan karpet itu sendiri. Kamu juga tidak boleh melupakan, ternyata ada beberapa hal atau kebiasaan yang dapat merusak karpet. Dibandingkan harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memperbaiki alangkah baiknya jika mengetahui dahulu apa saja penyebab yang bisa membuat karpet cepat rusak dan tidak bagus lagi.

Penyebab Karpet Mudah Rusak dan Tidak Awet

Penyebab Karpet Mudah Rusak

Jangan sekali-kali kamu mencoba membersihkan noda pada karpet dengan cara menggosoknya terlalu kuat! Jika mendapati minuman tumpah seperti kopi, teh atau bahkan kuah makanan ke permukaan karpet lebih baik letakkan tisu diatasnya dan tepuk-tepuk sampai semua air tersebut terserap. Khusus untuk harga karpet lantai yang lumayan mahal kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus dan langsung mengeringkannya hal tersebut dikarenakan material yang mungkin berbeda dan akan cepat rusak jika dibiarkan lama dalam kondisi yang lembab.

Penyebab berikutnya adalah kebiasaan menginjak karpet menggunakan alas kaki, wah siapa nih yang sering menggunakan sandal rumah? Mulai sekarang harus lebih hati-hati ya. kamu pasti sering melihat di beberapa toko karpet ada karpet yang tertera tulisan “jangan diinjak” nah ini juga berlaku pada karpet di rumahmu loh, kebiasaan tersebut dapat membuat material permukaan karpet menjadi kasar dan pastinya kotor! Karpet yang terlalu kotor akan menjadi sarang penyakit dan menimbulkan rasa gatal serta mengganggu kesehatan paru-paru, karena memiliki banyak debu halus yang berbahaya terutama jika kamu memiliki hewan peliharaan. Kuman-kuman yang ada di karpet kotor akan memengaruhi kualitas kesehatan peliharaanmu juga, seram banget kan.

Kebiasaan menggeser perabotan yang ada di atas karpet, hayo siapa yang sering melakukan kebiasaan ini? bagian kaki-kaki perabotan yang tergeser tentu akan menimbulkan berbagai goresan pada bagian dasar karpet. Parahnya lagi jika harga karpet lantai yang kamu miliki cukup mahal dan sampai sobek akibat gesekkan kaki perabotan yang digeser dan harga untuk memperbaiki nya pun cukup mahal juga. Kebiasaan ini bisa kamu ganti dengan cara mengangkat setiap perabotan yang hendak dipindahkan. Apabila perabotan berukuran besar kamu dapat meminta bantuan seseorang, ingat jangan digeser ya.

Membiarkan karpet berada di ruangan terbuka dalam waktu yang cukup lama pun menjadi kebiasaan yang harus kamu tinggalkan. Karpet yang terpapar udara luar sangat rentan terkena debu dan menjadi usang, apalagi jika terkena cahaya sinar matahari terus menerus. Itulah sebabnya jika di toko karpet semua produk yang dipajang walaupun hanya contoh tetap akan dilapisi dengan plastik atau diletakkan tidak terkena sinar matahari. Hindari menaruh karpet pada bagian rumah yang dekat dengan udara luar seperti si teras, pintu utama atau bahkan jika kamu memiliki ruangan outdoor hindari menaruh karpet dekat dengan ruang tersebut. kebiasaan yang satu ini jarang sekali disadari oleh pemilik karpet, jika dibiarkan saja dalam waktu yang lama perlahan-lahan warna karpet akan memudar, tekstur nya pun akan berubah. Apabila karpet memiliki material bulu yang sangat halus maka bulu-bulu halus tersebut akan berubah menjadi kasar dan menjadi tidak indah lagi jika dipandang. Maka dari itu, untuk menjaga karpet agar tetap awet dan bagus tinggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut ya, semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *