Cara Memasang Gorden Kupu-kupu dengan Mudah

Sebuah kain penutup yang akan memberikan perlindungan sekaligus menambah cantik penampilan jendela anda merupakan sebuah gambaran atau definisi dari tirai. Tirai yang memiliki nama lain gorden adalah sebuah kain dengan beragam motif yang dimilikinya. Ada beraneka jenis dan bentuk tirai. Salah satu yang cukup populer belakangan ini dan mempunyai bentuk yang tak sama dengan bentuk tirai kebanyakan adalah tirai kupu-kupu. Jenis tirai ini berupa kain yang disematkan di permukaan jendela atau dapat dikatakan menempel langsung dengan jendela anda.

Mengapa disebut kupu-kupu? Rupanya tirai ini terlihat membentuk sepasang sayap dengan pita yang dililitkan ditengah menyerupai seekor kupu-kupu yang sedang membentangkan sayap indahnya. Selain sebutan tadi, ternyata beberapa orang lainnya menyebut bahwa tirai ini adalah tirai pita.

Cara Memasang Gorden Kupu-kupu

Dilihat dari penampilannya, gorden kupu-kupu mempunyai keunikan sendiri. Akan tetapi, tirai ini pada umumnya tidak dapat menutup jendela secara sempurna. Tirai kupu-kupu lebih cocok digunakan sebagai hiasan. Lalu, sudahkah anda mengetahui bagaimana cara memasang tirai yang biasa dijadikan lapisan dalam pada jendela tersebut? Disini kami mencoba menjabarkannya sebagai berikut ini.

Cara Sederhana Memasang Gorden Kupu-kupu!

Cara Sederhana Memasang Gorden Kupu-kupu

1. Menyiapkan set peralatan tirai

Hal yang pasti dan harus dilakukan pertama kali adalah menyiapkan dulu satu buah set tirai yang akan dipasang. Biasanya alat dan bahan satu set ini sudah didapat jika kita memesan tirai pada sang penjual. Satu set umumnya terdiri dari beberapa buah stik yang akan menahan bagian atas dan bawah tirai. Selain itu pada sisi kain tirai di bagian atas dan bawahnya terdapat celah lubang untuk memasukan stik. Dan juga ada beberapa buah pita yang berfungsi sebagai penambah hiasan atau aksen pada tirai. Setelah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, barulah kita mulai ke tahap pemasangan.

2. Tahap pemasangan gorden kupu-kupu

  • Langkah pertama

Langkah pertama dari memasang tirai adalah mulai memasukan stik yang sudah dilengkapi oleh pengait dibagian ujung melalui celah lubang yang ada pada bagian atas dan bawah kain. Masukkan stik secara hati-hati dari ujung kanan ke kiri atau sebaliknya. Pastikan bahwa ujung stik akan keluar dari ujung celah kain sehingga stik dapat ditarik dengan mudah. Lakukan cara yang sama dengan tirai lain.

  • Langkah kedua

Langkah berikutnya jika stik sudah masuk semua ke dalam celah tirai adalah menandai titik sekrup. Pemasangan gorden kupu-kupu memang membutuhkan sekrup sebagai penyangga yang nantinya akan merekatkan kedua sisi tirai pada jendela. Perlu diperhatikan bahwa anda harus menandai titik sekrup sesuai dengan ukuran panjang stik pada tirai. Bubuhkan coretan dari pensil atau pulpen sebagai tanda.

  • Langkah ketiga

Mulailah membuat lubang pada jendela dengan melakukan bor sesuai titik yang sudah ditandai sebelumnya. Bor lubang sesuai dengan kedalaman sekrup. Lakukan cara yang sama untuk bagian bawah tirai.

  • Langkah keempat

Langkah keempat yaitu menempatkan lubang pengait pada stik dengan lubang hasil bor untuk dimasukan sekrup ke dalamnya. Jika posisi antara lubang pengait pada stik dengan lubang bor sudah tepat, maka anda dapat memasukan sekrup menggunakan obeng. Putar sekrup sampai batas kedalamanya dan sekrup menjadi lebih kencang. Dengan begitu otomatis pengait pada stik yang sudah terpasang tirai akan tersematkan. Lakukan hal itu pada semua sudut tirai dan dengan begitu akan menempel cantik di jendela anda. Mudah bukan?

Setelah langkah pertama dan langkah terakhir berhasil dilakukan, maka tirai akan terpasang seutuhnya dan jendela rumah anda akan terlihat lebih cantik sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *