Pilih Bahan Kusen yang Tahan Lama? Pertimbangkan Bahan-bahan Ini!

Bahan Kusen yang Tahan Lama

Selama ini mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa kusen adalah bagian kecil dari rumah yang tidak perlu terlalu diperhatikan. Itu adalah anggapan yang salah! Justru, kusen dapat memberikan kesan tersendiri yang lebih baik untuk rumah. Itulah sebabnya sebagian orang sibuk memilih bahan kusen yang terbaik untuk rumahnya, seperti kusen kayu atau kusen aluminium. Nah, buat kamu yang saat ini bingung menentukan bahan kusen yang tahan lama dan bagus untuk digunakan, maka mulai sekarang kamu harus mengetahui bahan apa saja yang biasa dipakai untuk kusen. Simak ulasannya di bawah ini!

Dijamin Tahan Lama, 5 Bahan Kusen Ini Recommended Untuk Dipilih

Bahan Kusen yang Tahan Lama

Dalam memilih bahan kusen, kamu sebaiknya perlu mengetahui bahan apa saja yang biasa dipakai. Jadi, bukan cuma kusen aluminium atau kayu saja yang kamu ketahui. Ini penting, sebab di pasaran kamu akan menemukan banyak bahan kusen, sehingga semakin membingungkan. Maka dari itu, agar tidak terus menerus bingung, perhatikan 5 bahan kusen berikut ini yang sudah dijamin memiliki daya tahan yang baik untuk digunakan.

1. Kayu

Kayu sudah sejak dulu dipakai untuk membuat kusen yang menawan. Bahan ini sangat cocok buat pemilik rumah yang menginginkan desain unik, tradisional, serta menonjolkan nuansa alami. Tapi, perlu kamu tahu bahwa tidak semua jenis kayu baik digunakan untuk kusen. Salah satu jenis kayu yang biasanya dipakai adalah kayu kamper. Konon, kayu tersebut diklaim tahan lama dan anti rayap. Bila kamu menukai kusen dengan bahan kayu, pastikan kamu pilih kayu yang benar-benar terbaik ya agar nantinya kusen tidak gampang rusak.

2. Aluminium

Selain kayu, aluminium juga banyak dipakai sebagai bahan baku kusen. Bila bahan kayu menonjolkan keunikan berupa nuansa tradisional dan alaminya, bahan aluminium justru menimbulkan kesan modern dan minimalis. Bahan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai kusen sebab telah teruji dan dijamin tahan lama. Rayap tidak akan mungkin bisa menggerogoti aluminium. Selain itu, aluminium juga bisa tahan terhadap ancaman karat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau kamu memilih kusen dengan bahan aluminium. Dijamin akan tahan lama sampai bertahun-tahun!

3. Cor

Mungkin kamu sedikit kaget dengan bahan kusen yang satu ini. Ya, kusen bisa juga dibuat dari bahan cor yang terdiri dari campuran pasir, semen, dan kerikil. Seperti cor pada umumnya, kusen cor meiliki ketahanan yang sangat kuat. Sudah tidak diragukan lagi bahwa kalau ingin kusen awet sampai belasan bahkan puluhan tahun, maka kusen cor adalah pilihan yang tepat. Tinggal nanti kamu bisa menyesuaikan warna serta modelnya agar bisa serasi dengan desain rumah yang elegan.

4. Vinyl

Vinyl memiliki bahan dasar PVC seperti yang terdapat pada plastik atau pipa. Bahannya relatif tahan lama dan mampu memberikan estetika yang cukup bagi rumah. Namun, saat memilih kusen berbagan vinyl, pastikan kamu telah memahami dulu karakteristiknya beserta kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kelebihan bahan vinyl ialah mampu meredam panas. Soal ketahanan, vinyl berada di kualitas cukup baik, meskipun tidak bisa dikatakan terbaik di antara bahan lainnya.

5. Baja Ringan

Biasanya bahan baja ringan lebih banyak dipakai untuk rangka atap rumah. Ternyata baja ringan juga bisa digunakan untuk membuat kusen. Secara sekilas, kusen dengan bahan baja ringan tidak jauh berbeda dengan aluminium. Hanya saja bahan baja ringan jauh lebih kuat daripada alumnium. Itulah yang menyebabkan harga kusen dengan bahan baja ringan lebih mahal daripada bahan lainnya, termasuk aluminium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *